Rabu, 28 Desember 2011

"Turki Takkan Mengintervensi Iran"

Foto : Menlu Turki Ahmet Davutoglu  (reuters)




TEHERAN - Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan, Turki tidak akan ikut bergabung dengan rekan-rekan Baratnnya untuk mengintervensi Iran.

"Turki takkan melakukan intervensi terhadap Iran," ujar Davutoglu, seperti dikutip Gulf Today, Selasa (27/12/2011).

Setelah munculnya insiden penyerangan Kedutaan Besar Inggris di Kota Teheran, Iran, Iran kerap menerima kecaman-kecaman dan sanksi dari Barat. Amerika Serikat (AS) bahkan sudah meminta Turki agar bersikap tegas dan mejatuhkan sanksi kepada Negeri Persia itu.

Namun Davutoglu menjelaskan, hubungan antara Turki dan Iran selama sembilan tahun ini cukup meningkat dan akan terus semakin membaik. Davutoglu juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi dan mendiskusikan kerja sama bilateral serta perkembangan di Timur Tengah.

Turki juga menegaskan, Iran berhak untuk memiliki teknologi nuklir yang digunakan untuk kepentingan damai. Turki juga meminta agar isu nuklir Iran diselesaikan lewat jalur dialog.

Pada November lalu, Salehi juga mengatakan, banyak pihak di dunia ini yang berencana untuk merusak hubungan Turki dan Iran, hal itulah yang menjadi pusat kekhawatiran Iran. Pertemuan antara Salehi dan Davutoglu juga ditujukan untuk menghindari segala bentuk perselisihan yang ada.
 
Salah satu hal yang sempat menegangkan hubungan Turki dan Iran adalah keberadaan sistem pertahanan misil North Atlantic Treaty Organization (NATO) yang ada di Turki. Iran sebelumnya juga sudah meminta Turki agar menarik diri dari perjanjian pertahanannya dengan NATO. Karena Iran menganggap misil itu digunakan untuk melindungi Israel.(rhs)


okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

biasakan setelah membaca untuk memberikan komentar